Latest Updates

Apa Itu RSS? Cara Memakai RSS Reader dan Rahasianya


Cara memakai RSS readerKamu banyak daftar blog yang ingin kamu baca? lalu sibuk mem-bookmark link-link tersebut di toolbar? Jika satu sampai sepuluh mungkin tidak masalah, tetapi bagaimana jika blog-blog yang menarik tersebut banyak? katakanlah sampai 20 (seperti kasus saya).

Cara memakai RSS reader
Apa masih mau cara manual? kalau gak pegel jari gak apa-apa sih.
Jika iya, kamu wajib membaca tulisan saya ini. Saya akan menjelaskan bagaimana kita mengefesienkan waktu membaca list-list blog favorit kita dengan cara memakai RSS reader.

Arti dan Manfaat RSS

RSS atau kependekan dari Really Simple Syndication adalah sebuah tool powerfull untuk update berita dari suatu web, baik itu tulisan, video, maupun audio.
Nah, ribetnya menurut wikipedia RSS adalah:
RSS (originally RDF Site Summary, often dubbed Really Simple Syndication) is a family of web feed formats used to publish frequently updated works—such as blog entries, news headlines, audio, and video—in a standardized format.
Apa itu RSS reader dan RSS feed?
Ada lagi yang disebut RSS feed, apa itu RSS feed? Ringkasnya RSS feed adalah sebuah dokumen yang dipakai RSS untuk menuliskan beritanya.
Untuk membaca dokumen tersebut kita membutuhkan sebuah tool lagi yang disebut RSS reader. Sesuai namanya RSS reader adalah tool untuk membaca RSS feed.

Cara Memakai RSS reader

Oke, saya akan memberikan langkah-langkah bagaimana cara memakai RSS reader, tetapi terbatas untuk google reader saja. Alat tempur yang kamu butuhkan adalah google account.
Pertama, siapkan blog mana yang ingin di-subscribe. Ambil contoh blog ini: http://www.blogdiar.net
Kedua, tekan tombol RSS atau yang seperti ini . Bisa juga dengan langsung mengunjungi google reader. Pastikan jika kamu sudah login di google account kamu.
Ketiga
Untuk yang menkan tombol RSS reader, pilih ikon seperti google . Pada pilihan “add to hompage” dan “add to google reader”, pilih add to google reader. Selamat kamu sudah berlangganan tulisan blogdiar.net
Untuk cara yang kedua. masukan url http://www.blogdiar.net pada tombol subscribe. Selamat kamu sudah berlangganan tulisan blogdiar.net.
Apa selanjutnya?
Untuk membaca daftar blog yang telah kamu subscribe, kamu tinggal masuk ke google reader kamu. Di sana, kamu bisa membaca update blog favorit kamu hanya dalam satu tempat.
Kamu bisa memenej rss kamu dengan memisah-misahkannya ke dalam folder. Lalu untuk mengecek update, kamu bisa memakai plugin RSS notifer pada browser kamu.
Jika kamu memakai google chrome, add plugin ini ke browser kamu: Google Notifer
Jika kamu memakai firefox: Google Reader Watcher.
Selanjutnya, secara otomatis sebuah icon akan muncul di topbar browser kamu. Untuk melihat update blog favorit kamu, kamu tinggal melihat pada plugin tersebut.

Oh yah, selain cara dengan rss reader, kamu juga bisa berlangganan tulisan dengan cara update by email. Yaitu tulisan-tulisan terbaru akan dikirimkan ke email kamu. Caranya gampang, tinggal masukan saja email kamu ke email form seperti yang ada di sidebar atas kanan blog ini. Bagaimana apa cukup jelas? jangan lupa berlangganan tulisan blog ini juga yah. Jika ada masalah cara pemakaian atau instalasi RSS reader, komentar saja di sini. Selamat mencoba :)

0 Response to "Apa Itu RSS? Cara Memakai RSS Reader dan Rahasianya"

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger News

DETIK.COM
YAHOO
OKEZONE